DATA DAN INFORMASI
1.1. TENTANG DATA Data adalah :
1. Menurut kamus : data -> “datum” berarti fakta atau bahan keterangan.
2. Sudut pandang bisnis : “Business data is an organization’s description of things (resources) and events (transactions) that it faces”. Data bisnis : deskripsi organisasi tentang sesuatu dan kejadian yang terjadi.
Kesimpulan : data adalah kenyataan yang menggambarkan suatu kejadian dan merupakan kesatuan nyata.
TENTANG INFORMASI
1. Gordon B. Davis dalam “Management Informations System : Conceptual Foundations, Structures, and Development informasi = data yang telah diolah menjadi bentuk yang berguna bagi penerimanya dan nyata.
2. Barry E. Cushing dalam Accounting Information System and Business Organization, informasi = sesuatu yang menunjukkan hasil pengolahan data yang diorganisasi dan berguna kepada orang yang menerimanya.
3. Robert N. Anthony dan John Dearden dalam buku Management Control Systems, informasi = kenyataan, data, item yang menambah pengetahuan bagi penggunanya.
4. Stephen A. Moscove dan Mark G. Simkin dalam Accounting Information Systems : Concepts and Practise informasi = kenyataan atau bentuk-bentuk yang berguna yang dapat digunakan untuk pengambilan keputusan bisnis. Kesimpulan Informasi merupakan hasil dari pengolahan data menjadi bentuk yang lebih berguna bagi penerima dan dapat digunakan sebagai alat bantu pengambilan keputusan.

KARAKTERISTIK INFORMASI
1. Benar atau salah. Berhubungan dengan sesuatu yang realitas atau tidak dari sebuah informasi.
2. Baru. Sebuah informasi dapat berarti sama sekali baru bagi penerimanya.
3. Tambahan. Dapat memperbaharui atau memberikan nilai tambah pada informasi yang telah ada.
4. Korektif. Menjadi bahan koreksi bagi informasi sebelumnya, salah atau palsu.
5. Penegas.  Dapat mempertegas informasi yang telah ada.

SIKLUS INFORMASI

Data -> Proses -> Informasi -> Keputusan -> Tindakan -> hasil Tindakan.

NILAI INFORMASI

Nilai suatu informasi berhubungan dengan keputusan.
Sedangkan parameter nilai sebuah informasi :
• Manfaat (use)
• Biaya (cost)
Informasi bernilai bila manfaatnya > biaya (cost effectiveness atau cost benefit)

KUALITAS INFORMASI
Kualitas informasi (quality of information) ditentukan oleh 3 hal pokok, yaitu :
a. Relevansi (relevancy) “How is the message used for problem solving (decision masking)?”
b. Akurasi (accuracy)
• Kelengkapan (completeness).
• Kebenaran (correctness) informasi.
• Keamanan (security) informasi.
c. Tepat waktu (timeliness) “How quickly is input transformed to correct output?”

Komponen tambahan:
• Ekonomis (Economy).
• Efisien (Efficiency).
• Dapat dipercaya (Reliability).